3.5.12

Daigaku ni Todoke

Ngasal banget nih judulnya hahaa.. mungkin udah ada yang tau kalo itu judul komik "Kimi ni Todoke" artinya "Reaching You". Kalo 'daigaku' artinya universitas jadi kurang lebih sudah tau kan maksudnya..

Oke, karena saya  memutuskan untuk mendaftar international program Global 30 (http://www.uni.international.mext.go.jp/global30/), maka yang utama diperlukan adalah nilai TOEFL iBT atau IELTS. Sebelumnya Global 30 itu program pemerintah Jepang yang menunjuk 13 universitas nasional dan swasta untuk menyediakan kelas untuk S1 dan S2 dalam bahasa Inggris. Saya akhirnya langung mendaftar untuk tes TOEFL iBT di Jepang lewat web resminya http://www.ets.org/ , hmm dan karena ikut ujiannya di Jepang jadi agak mahal ya.. Saya menyarankan kalo mau ambil tes model TOEFL dan sejeninya nggak perlu ikut les intensif dan sebagainya karena sebenarnya asal kita sendiri rajin dan mau beajar dengan fasilitas yang ada di sekitar kita, target nilai TOEFL tinggi bisa dipenuhi. Dan untuk mendaftar universitas, syarat minimal nilai TOEFL berbeda-beda. Saat itu saya selama kurang lebih sebulan dalam satu hari minimal menyediakan waktu satu jam (minimal lho) untuk belajar TOEFL. Saya belajar lewat internet, kalo search di google atau youtube banyak sekali situs yang menyediakan tips dan contoh-contoh model soal apa yang kira-kira keluar. Sediakan lebih banyak waktu untuk latihan bidang yang menurutmu paling lemah karena TOEFL iBT mencakup reading, writing, listening, speaking. Intinya latihan terus, practice makes perfect :)

Setelah urusan TOEFL beres dan alhamdulillah saya dapet skor 92 dari 120, lihat persyaratan dari universitas yang ingin kita masuki. Dari 13 universitas yang menawarkan international program itu, yang syarat-syaratnya bisa saya penuhi ada 3 universitas, yaitu Osaka University, Nagoya University, dan Kyushu University. Secara umum persyaratan yang dibutuhkan itu ijazah SMA, nilai Unas,nilai rapor dari kelas 1-3 SMA,skor tes kemampuan bahasa inggris, esai ,dan surat rekomendasi dari guru atau sekolah.

OSAKA UNIVERSITY-OSAKA DAIGAKU-HANDAI 

Setelah mengirim berkas-berkas aplikasi dan dinyatakan lolos ke tahap interview, berangkatlah saya ke Osaka. Interview memakan waktu kira-kir 30 menit, ada 6 profesor saat itu dan yang dari Jepang hanya 1, sisanya bule-bule. Agak shock juga karena sebelum masuk ruang interview pendaftar disuruh mengerjakan beberapa soal matematika, kimia, biologi, dan fisika. Dan ketika interview, dari soal-soal itu akan ditanyakan jawaban kita apa benar atau salah, menurutmu bagaimana menjelaskan soal ini dsb. Karena saya memilih jurusan Chemistry Biology Combined Major Program, saat interview saya disuruh milih kimia atau biologi. Saya jawaab biologi. Dan akhirnya saya seperti menghadapi ujian biologi secara lisan. Mereka menanyai materi-materi biologi speerti sel,  protein, teori Darwin dsb. Lalu pertanyaan umum seperti kenapa pingin ambil jurusan ini, di univeritas ini, terus ke depannya mau ngapain.
 
Karena cuma 2 hari di Osaka, sayang sekali saya nggak bisa jalan-jalan hehe. Tapi saya akhirnya bisa mendengar juga logat Kansai yang terkenal itu, dan memang aneh haha. Di setiap akhir kalimat ketika orang berbicara itu ditambahi kata 'sa....' 


Di kampusnya

Di sekitar Umeda Station

NAGOYA UNIVERSITY-NAGOYA DAIGAKU-MEIDAI

Sama seperti Osaka, saya dipanggil interview setelah lulus seleksi berkas. Kali ini yang menguji ada 7 orang dan semuanya orang Jepang. Karena saya melamar program applied bioscience, saya belajar tentang biologi sebelum interview dengan asumsi pertanyaan yang diajukan seperti ketika erview di Osaka, dan yang ternyata salah haha.. Pertanyaannya lebih banyak tentang diri kita,personal atau tentang kepribadian kita. Lalu, pengetahuan umum tentang bidang yang ingin kita masuki nanti. Saya kan saat itu bilang ingin mempelajari tentang bioteknologi. Lalu ditanya bioteknologi di bidang apa dan jelaskan tentang aplikasiya di bidang tersebut. Interviewnya sekitar 30 menit.

Di kampusnya...

 








Alhamdulillah sempet jalan-jalan ke Nagoya Castle sama Nagoya Science Museum. Di Nagoya Science Museum ada planetariumnya yang katanya yag terbesar di dunia. Sayang nggak sempet foto gedungnya soalnya pas itu lagi ada taifu. Terus nggak bisa masuk ke planetariumnya soalnya ternyata harus booking dulu. Tapi museumnya keren banget :)

           








KYUSHU UNIVERSITY-KYUSHU DAIGAKU-KYUDAI

Kalau Kyushu university, selain seleksi berkas dan interview ada tes tulisnya juga. Pertama, kita interview dulu kurang lebih 1 jam. Saat itu yang bisa menguji saya hanya 1 profesor orang Jepang, tapi interview itu sambil di record. Pertanyaan yang diajukan juga umum seperti mengapa memilih universitas ini, jurusan ini, dsb. Yang bikin beda ada sesi namanya 'short talk'. Jadi kita disuruh presentasi singkat 3-5 menit tentang mengapa kita pingin masuk jurusan ini dan menjelaskan materi singkat dari topik-topik yang sudah ada. Karena saya apply jurusan applied chemistry, topiknya seputar kimia dan akhirnya saya memilih topik asam-basa. Tes tulisnya juga mencakup matematika (esai 4 soal) dan kimia (lupa berapa soal tapi ada yang esai ada pilihan ganda juga).

Di kampusnya...
 
 











Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment