22.1.12

ARUBAITO

Sejak tanggal 6 Januari 2012 aku mulai arubaito di kantin sekolah. Apa itu arubaito? Ditulisnya sih pake huruf katakana ya,berarti dari bahasa asing tapi aku sendiri juga belum tahu asal katamya apa hehe.. Arubaito itu part time job (kerja paruh waktu). Di jepang. orang asing boleh kerja tapi yang jelas dalam batas-batas tertentu. Contohnya kayak kedaanku sekarang ini. Aku pegang visa ryuugakusei (pelajar asing). Sebelum kerja,kita harus mengurus berkas ke kantor pemerintahan untuk dapat surat ijinnya. Nah, aku nggak seberapa tahu prosesnya kayak apa soalnya kemarin yang ngurus pihak sekolah. Kalau sudah dapat surat ijin itu, baru deh kita bisa kerja. Untuk pelajar asing jatah kerjanya 28 jam/minggu. Jadi rata-rata per hari bisa kerja 4 jam. Gajinya dihitung per jam,standarnya sih per jam bisa dapat 700 yen ke atas.

Nah apa aja yang aku lakukan di kantin? Kerjaanku mulai dari hari Senin-Jumat jam 09.30-12.30. Pertama harus absen dulu terus cap cus langsung ke kantin naruh barang-barang dan pake apron. Tugas pertama mesti nyuci panci besar bekas masak nasi dilanjutkan dengan menata piring,gelas,nampan,dsb. Lalu nyiapin tempat sampah, ngelap meja-meja, dan bersiin dapurnya. Agak sibuk kalau udah jam 11 an soalnya jamnya istirahat dan tugasku adalah nyuci semua piring cawan sendok garpu dst (alat-alat makan pokoknya). Masalahnya adalah cara orang Jepang makan itu ribet. Nggak bisa yang cuma pake satu piring kayak di Indonesia. Satu nampan isinya ada 3-4 piring/ cawan plus sumpit / sendok garpu. Biasanya ibu-ibu yang di kantin bikin 60 porsi-an. Jadi dalam sehari aku bisa nyuci 300 lebih alat makan hahaha :D

Yang bisa aku pelajari dari cara kerja orang Jepang (meski baru dua migguan sih hhe) adalah mereka orangnya perfect banget! Semua kerjaan harus sesuai urutan, nggak banyak omong, dan tepat waktu. Aku pernah telat 2 menit aja udah ditegur. Karena keterbatasan kemampuan bahasaku, sering banget kena omel hehe.. Kadang maksudku sama maksudnya ibu kantinnya beda. Padahal aku udah tahu apa yang harus aku lakuin tp ya karena miskomunikasi itu dikira aku nggak hafal-hafal tugasku apa aja..  Ya sudahlah nggak usah dimasukkan ke hati :p Maklum juga soalnya ibunya udah berumur.

Mungkin itu aja kali ya sekilas tentang kerja part time job di Jepang. Ini kerjaannya cuma 3 bulan,mungkin nanti kalo aku dapet kerjaan lagi beda lagi ceritanya :)


No comments:

Post a Comment